MITOS menelan permen karet

pernah saya mendengar kalau kitu menelan karet atau permen karet, permen karet tersebut akan berada dalam usus selama 7 tahun, atau bahkan kita bisa meninggal dunia. MITOS tersebut sangat salah..
beginilah penjelasannya :
    Permen karet sebenarnya trbuat dari dasar, pemanis,pewarna dan penambah rasa. Karet ini (dasasr) dapat dengan mudah di cerna biasanya terbuat dari campuran elastomer, resin, lemak,emulsifier dan lilin.
taukah kalian, sistem pencernaan memiliki cara lain untuk menangani benda-benda yang anda telan. usus akan terus bergerak dan menggerakan permen karet hingga membuatnya melewati usus dan keluar darii sistem pencernaan.
jadi kalian ga perlu khawatir saat permen karet di telan,karena permen karet bisa berakhir dikamar mandii antara satu atau 2 hari kemudian. hebatnya, walaupun paermen karet lengket, biasanya tidak bisa mengalahkan kekuatan yang dimiliki usus looh ^_^
namun permen karet bisa berbahaya bila tertelan dalam jumlah banyak, ukuran yang besar, dan dalam waktu yang singkat.. Hal itu akan menyebabkan penyumbatan dalam sistem percernaan, yang paling sering terjadi pada anak-anak karena saluran pencernaannya berdiameter kecil. Tapi kasus ini sangat jarang terjadii..

yang harus kalian lakukan jika tidak sengaja menelan permen karet :
1. segera minum air putih yang banyak, hal tersebut agar terhindar dari permen karet yang menutupi kerongkongan yang menyebabkan terserdak.
2. untuk cepat mengelurkan permen karet dari tubuh, bisa dibantu juga dengan makanan. Makanan akan membantu mendorong permen karet sehingga gerakan peristaltik dari usus semakin cepat mengeluarkannya dari tubuh..

nah seperti itulaah yang dapat saya sampaikan malam iniii, semoga menambah wawasan anda^_^
0 Komentar untuk "MITOS menelan permen karet"

 
Copyright © 2014 Seputar Ilmu - All Rights Reserved
Template By Catatan Info